1. Investasi

Apa Itu HMETD? Ketahui Pengertian, Cara Kerja, dan Contohnya

Kegiatan transaksi dalam pasar modal menggunakan berbagai macam istilah, salah satu istilah yang cukup sering digunakan oleh pelaku dalam pasar modal yaitu Hak Memesan Efek Terlebih dahulu. Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau yang biasa disingkat dengan HMETD adalah sebuah kegiatan penawaran umum efek secara terbatas dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan.

Jika tertarik dengan dunia investasi, Anda sebaiknya harus mengenal apa itu HMETD terlebih dahulu. Maka dari itu, Inklusi Uang pada artikel kali ini akan memberikan Anda informasi seputar HMETD yang dapat dipahami dengan mudah. Adapun informasi mengenai HMETD yang akan Anda dapatkan diantaranya yaitu pengertian, cara kerja, tujuan, hingga contoh perhitungan HMETD. Simak pembahasan HMETD selengkapnya di bawah ini, ya!

Key Takeaways

  • HMETD adalah hak yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan kepada para pemegang sahamnya agar memiliki kesempatan untuk membeli surat berharga yang baru dikeluarkan oleh perusahaan terkait secara langsung sebelum dirilis secara umum pada pasar primer.
  • Cara kerja HMETD adalah diawali dengan perusahaan berencana untuk menerbitkan efek atau saham baru. Penerbitan efek baru yang dilakukan suatu perusahaan ini biasanya disebabkan oleh perusahaan memiliki kewajiban hutangnya yang belum tertutupi dari kasnya saat itu atau sekadar untuk mendapatkan pendanaan lebih.
  • Para pemegang saham yang mendapatkan hak istimewa ini dapat melakukan pembelian terhadap efek yang baru akan dirilis oleh suatu perusahaan dengan potongan harga. Potongan harga yang diberikan tersebut bertujuan agar menarik investor untuk meningkatkan permintaan dari saham yang baru akan diterbitkan oleh suatu perusahaan.

Apa Itu HMETD?

Bagi Anda yang masih menjadi orang awam di dunia penanaman modal ini, pastinya akan bertanya-tanya, apa itu HMETD saham sebenarnya? HMETD adalah hak yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan kepada para pemegang sahamnya agar memiliki kesempatan untuk membeli surat berharga yang baru dikeluarkan oleh perusahaan terkait secara langsung sebelum dirilis secara umum pada pasar primer.

Para pemegang saham yang mendapatkan hak istimewa ini dapat melakukan pembelian terhadap efek yang baru akan dirilis oleh suatu perusahaan dengan potongan harga. Potongan harga yang diberikan tersebut bertujuan agar menarik investor untuk meningkatkan permintaan dari saham yang baru akan diterbitkan oleh suatu perusahaan.

Cara Kerja HMETD Saham

Bagaimana HMETD saham bekerja? Cara kerja HMETD adalah diawali dengan perusahaan berencana untuk menerbitkan efek atau saham baru. Penerbitan efek baru yang dilakukan suatu perusahaan ini biasanya disebabkan oleh perusahaan memiliki kewajiban hutangnya yang belum tertutupi dari kasnya saat itu atau sekadar untuk mendapatkan pendanaan lebih. 

Perusahaan kemudian melakukan pengumuman penawaran HMETD kepada para investor yang telah memegang saham perusahaannya. Nantinya, informasi mengenai pendanaan yang ingin dikumpulkan dan jumlah efek yang diterbitkan akan dijelaskan oleh perusahaan terkait. 

Penawaran HMETD biasanya ditetapkan menggunakan rasio, seperti 3 banding 1. Arti dari rasio HMETD adalah setiap 3 lembar saham lama yang dimiliki oleh investor terkait akan mendapatkan 1 lembar saham yang baru akan diterbitkan oleh perusahaan tersebut.

Sebagai contoh, perusahaan A melakukan penawaran HMETD terhadap saham yang baru diterbitkan sebanyak 1 juta lembar saham dan target pendanaan sebesar Rp. 1 miliar dengan harga per lembar sahamnya Rp. 5 ribu. 

Harga awal dari saham tersebut yaitu sebesar Rp. 7 ribu. Berarti, harga saham melalui HMETD mengalami potongan harga sebanyak 28,6% dari harga lamanya.

Rasio yang ditetapkan yaitu 2 banding 10. Artinya, pemegang saham yang mendapatkan HMETD dapat membeli saham baru tersebut sebanyak 2 lembar untuk setiap 10 lembar saham lama yang dimilikinya.

Apabila seorang investor memiliki saham perusahaan A sebanyak 1.000 lembar, investor tersebut dapat membeli saham dari HMETD sebanyak 200 lembar. Perhitungan nilai investasi investor setelah melakukan HMETD adalah sebagai berikut.

1000 lembar saham lama dengan harga Rp. 7.000Rp. 7.000.000
200 lembar saham baru dengan harga Rp. 5.000Rp. 1.000.000
Total nilai 1.200 lembar sahamRp. 8.000.000
Harga saham setelah HMETDRp. 8.000.000/1.200 lembar = Rp. 6.666

Yang dapat Investor Lakukan dalam Menyikapi HMETD

Di sisi lain, HMETD adalah hak yang tidak harus diambil oleh pemegang sahamnya. Lebih jelasnya, para pemegang saham memiliki tiga opsi untuk menyikapi HMETD. Tiga opsi yang dapat dilakukan pemegang saham dalam menyikapi HMETD adalah sebagai berikut.

1. Membeli Saham Baru Menggunakan HMETD secara Penuh

Untuk mendapatkan keuntungan yang ditawarkan melalui HMETD, pemegang saham yang memiliki hak terkait harus melakukan pembelian terhadap saham baru perusahaan yang hendak diterbitkan tersebut.

2. Mengabaikan Hak Istimewa

Anda sebagai pemegang saham lama juga diperkenankan untuk mengabaikan penawaran HMETD dari perusahaan terkait. Akan tetapi, hal ini kurang disarankan karena kepemilikan saham Anda tetap terkena dilusi setelah penawaran HMETD ini.

3. Menjual kepada Investor Lain

HMETD adalah hak yang dapat dijual kepada investor lain khusus bagi perusahaan yang memperbolehkannya. Hak HMETD yang dapat diperjualbelikan ini dikenal dengan sebutan renounceable rights. 

Kenapa Perusahaan Melakukan HMETD?

  • Perusahaan melakukan HMETD disebabkan oleh beberapa alasan. Adapun alasan perusahaan melakukan HMETD adalah sebagai berikut.
  • Perusahaan tengah melakukan perencanaan ekspansi market atau hendak meningkatkan performa operasional perusahaan sehingga membutuhkan dana. HMETD merupakan salah satu langkah pendanaan yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk menghindari peminjaman pada bank.
  • Ingin melunasi hutang melalui HMETD yang lebih aman untuk kesehatan kas perusahaan
  • Berencana untuk membeli atau bekerja sama dengan perusahaan baru dan ingin mendapatkan pendanaan melalui HMETD alih-alih menambah kewajiban utang

Demikian pembahasan mengenai Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu atau HMETD yang dapat Inklusi Uang jelaskan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, HMETD adalah aktivitas bisnis yang berhubungan dengan kegiatan investasi dalam pasar modal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda terutama yang sedang tertarik dengan dunia investasi.

QA

Investopedia. “Understanding Rights Issues

Corporate Finance Institute. “Rights Issue

Hargreaves Landsdown. “What’s a rights issue and why do companies do them?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Apa Itu HMETD? Ketahui Pengertian, Cara Kerja, dan Contohnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Aset tidak berwujud adalah aset yang tidak memiliki wujud fisik tetapi masih dapat dilihat dan diidentifikasi. Meskipun tidak memiliki bentuk fisik, aset tak berwujud masih dapat menghasilkan pendapatan. Bagi sebuah perusahaan, aset tak berwujud pun bisa mendatangkan keuntungan dalam jangka panjang. Agar dapat memahami aset tidak berwujud lebih mendalam, mari simak informasi selengkapnya di bawah […]
    Net working capital adalah salah satu aspek krusial dalam suatu perusahaan, sehingga tidak boleh diabaikan. Pasalnya, net working capital ini merupakan indikator likuiditas perusahaan dalam kemampuan membayar hutang jangka pendek. Dalam perhitungannya, net working capital atau disebut juga dengan modal kerja bersih melibatkan beberapa komponen, seperti aset lancar dan kewajiban lancar. Yuk, pahami lebih lanjut […]

    Trending

    Influencer bukan hanya berasal dari bidang fashion, beauty, dan lifestyle saja. Namun, saat ini banyak bermunculan content creator atau influencer dibidang keuangan. Mereka kerap membuat konten yang rata-rata berupa edukasi soal financial.  Hadirnya, para influencer keuangan ini, juga menjadi salah satu cara mudah untuk mengedukasi soal keuangan kepada masyarakat. Penjelasan, lengkapnya tinggal scroll artikel ini […]
    Salah satu cara mengukur potensi keuntungan suatu perusahaan adalah menggunakan rasio Basic Earning Power (BEP). Pengukuran ini mempresentasikan kemampuan sebuah bisnis dalam menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Rumus ini bisa digunakan apabila prakiraan kondisi operasional perusahaan adalah stabil.  Semakin tinggi BEP yang dihasilkan, maka semakin besar efektivitas perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dari aset.Untuk lebih jelasnya, […]
    Yuk, mari mengenal apa itu PAB (Pajak Alat Berat).  Dalam dunia perpajakan, setiap alat atau properti yang digunakan untuk mempermudah kegiatan proyek. Alat-alat tersebut seperti traktor,crane, maupun bulldozer yang di mana merupakan objek yang dikenai pajak.   Terlepas dari fungsi alat berat di atas, tak jarang orang-orang tidak mengetahui apabila kendaraan besar dikenai pajak. Perpajakan alat […]
    Sejarah asuransi di Indonesia mulai diperkenalkan pada zaman kolonial Belanda. Pada zaman kolonial tersebut, banyak perubahan yang terjadi pada tatanan masyarakat. Mulai dari segi ekonomi, sosial, budaya, hingga pendidikan. Salah satu perubahan yang signifikan adalah ekonomi.  Kata “asuransi” berasal dari bahasa Belanda yaitu verzekering yang mempunyai arti pertanggungan. Pada saat itu, tepatnya masa kolonial Belanda, […]