1. Keuangan
  2. Tabungan

15 Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Mobile Terbaik

Pada era sekarang ini, penggunaan smartphone telah menjadi vital bagi kehidupan manusia. Fungsi dari beragam aplikasi yang ada di smartphone telah memudahkan urusan banyak orang di berbagai bidang, tidak terkecuali bidang pengaturan keuangan. Apabila Anda sedang mencari aplikasi pengatur keuangan yang dapat dipercaya, berikut merupakan daftar 15 rekomendasi aplikasi pengatur keuangan terbaik versi Inklusi Uang.

15 Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik

1. TemanBisnis

TemanBisnis (Sumber: Google Play Store)
TemanBisnis (Sumber: Google Play Store)

TemanBisnis merupakan aplikasi pengatur keuangan yang cocok digunakan untuk Anda selaku pemilik bisnis. Aplikasi TemanBisnis memang dibuat untuk membantu para pemilik bisnis yang baru merintis usahanya dari awal. Aplikasi pengatur keuangan yang satu ini dapat memenuhi kebutuhan dalam melakukan pencatatan keuangan pada bisnis yang sedang dijalankan.

Pada aplikasi ini, Anda dapat melakukan pencatatan berupa pemasukan serta pengeluaran dari berbagai macam sumber. Masing-masing dari sumbernya pun dapat dikategorikan ke dalam kelompok kategori yang berbeda sehingga memudahkan para pemilik bisnis untuk melacak segala jenis transaksi. 

Selain itu juga, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pencatatan transaksi utang dan kredit. Lalu untuk memudahkan dalam proses pelaporan, aplikasi ini juga dilengkapi perhitungan laporan laba rugi, utang piutang, dan pertumbuhan kas secara otomatis per periodiknya. Segala fitur tersebut akan memudahkan Anda dalam mengurus keuangan untuk bisnis.

2. Wallet

Wallet (Sumber: Google Play Store)
Wallet (Sumber: Google Play Store)

Aplikasi pengatur keuangan selanjutnya yang ada di daftar ini adalah Wallet. Aplikasi berikut ini mempunyai fitur unggulan yaitu kemampuan untuk melakukan sinkronisasi dengan akun internet banking dari berbagai macam bank. Dengan hadirnya fitur sinkronisasi ini, memungkinkan pengguna aplikasi Wallet untuk tidak perlu repot mencatat transaksinya secara manual karena aplikasi ini akan melakukannya untuk Anda secara otomatis.

Selain itu juga apabila menggunakan Wallet, Anda akan dapat melakukan impor data transaksi atau rekening langsung ke aplikasi dari file Excel atau bahkan CSV sekalipun. Tak hanya itu, pada aplikasi Wallet terdapat juga fitur perencanaan pembayaran untuk masa depan lengkap dengan fitur remindernya agar pengguna aplikasi tidak lupa.

Aplikasi Wallet ini dapat diunduh secara gratis dengan fitur yang terbatas. Apabila ingin menggunakan keseluruhan fitur dari aplikasi ini, pengguna dapat membeli aplikasi Wallet untuk versi yang berbayar.

3. Penny

Penny (Sumber: techcrunch)
Penny (Sumber: techcrunch)

Penny merupakan aplikasi pengatur keuangan pintar untuk iOS yang dapat diajak berbincang perihal situasi keuangan. Dengan pengaturan yang tepat, bot pintar pada aplikasi ini mampu menjawab berbagai macam masalah keuangan Anda dengan baik. 

Sebagai aplikasi pengatur keuangan, Penny menawarkan beberapa fitur seperti informasi total uang yang sudah dihabiskan, tagihan apa saja yang sudah jatuh tempo untuk dibayar, dan tagihan apa saja yang mengalami kenaikan tarif. Aplikasi Penny ini tersedia dalam versi gratis dan versi berbayar yang dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan lainnya.

4. Spendee

Spendee (Sumber: Google Play Store)
Spendee (Sumber: Google Play Store)

Aplikasi pengatur keuangan besutan developer SPENDEE a.s yang satu ini layak Anda jadikan pilihan untuk membantu mencatatkan transaksi keuangan. Aplikasi Spendee ini dapat dimanfaatkan untuk mencatat transaksi keuangan baik transaksi bernilai kecil hingga besar. 

Spendee telah dilengkapi dengan beberapa fitur seperti sinkronisasi dengan akun online bank, pengkategorian pengeluaran ke kelompok tertentu, penyajian data pengeluaran secara otomatis, serta tampilan aplikasinya yang sederhana dan mudah digunakan.

5. Catatan Keuangan Harian

Catatan Keuangan Harian (Sumber: Google Play Store)
Catatan Keuangan Harian (Sumber: Google Play Store)

Seperti namanya, aplikasi pengatur keuangan besutan Asyncbyte Software satu ini menghadirkan kemudahan untuk melakukan pencatatan keuangan harian serta bulanan. Pada aplikasi ini, terdapat beragam fitur untuk memudahkan Anda dalam mengatur keuangan seperti mencatat pemasukan, mencatat pengeluaran, menghitung selisih, serta laporan keuangan per bulan otomatis dari input transaksi.

6. Money Lover

Money Lover (Sumber: Google Play Store)
Money Lover (Sumber: Google Play Store)

Money Lover merupakan aplikasi besutan Finsify yang telah digunakan oleh 5 juta pengguna di Google Play Store. Berkat aplikasinya yang mudah digunakan dan tampilannya yang sederhana, membuat aplikasi ini pernah dinobatkan sebagai “Google Play Editor’s Choice” untuk kategori aplikasi pengatur keuangan.

Selain aplikasi yang mudah digunakan, Money Lover juga hadir dengan beberapa fitur seperti mencatat pengeluaran harian, mengkategorikan pengeluaran ke pos kelompok tertentu, melakukan budgeting, dan juga menganalisis seberapa besar pengeluaran berdasarkan kategori tertentu.

7. Mint

Mint (Sumber: Google Play Store)
Mint (Sumber: Google Play Store)

Aplikasi pengatur keuangan yang satu ini akan membantu Anda untuk memberi tahu kapan tagihan tertentu telah jatuh tempo, tagihan apa yang harus dibayarkan, juga hutang apa yang dimiliki. Aplikasi Mint juga dapat memberikan saran khusus guna mengontrol anggaran Anda berdasarkan kebiasaan berbelanja harian. Selain itu, Mint dapat juga difungsikan untuk membuat rencana pembayaran serta rencana penghematan secara individual.

Setelah diberikan izin sinkronisasi ke akun online bank, Mint secara otomatis akan melacak serta mengkategorikan transaksi keuangan ke kelompok tertentu lalu mengumpulkan data-data tersebut untuk dibuatkan laporan keuangannya. Dari laporan keuangan tersebut, Anda dapat mengetahui pengeluaran rata-rata pada beberapa kelompok pengeluaran.

8. Realbyte Money Manager Expense & Budget

Realbyte Money Manager (Sumber: Google Play Store)
Realbyte Money Manager (Sumber: Google Play Store)

Realbyte Money Manager merupakan salah satu aplikasi pengatur keuangan terbaik yang sudah cukup populer di bidangnya. Kepopuleran aplikasi ini ditandai dengan tercatatnya 15 juta pengguna Android yang mempercayakan Realbyte Money Manager sebagai aplikasi untuk mengatur keuangan mereka. Realbyte Money Manager ini mendapatkan rating 4,9 per 5 yang membuat aplikasi ini layak dijadikan rekomendasi untuk aplikasi pengatur keuangan.

Dengan aplikasi ini Anda dapat mencatat pengeluaran harian, menentukan budget untuk belanja, serta menentukan seberapa besar target uang yang harus didapatkan dalam periode tertentu. Selain itu juga, aplikasi ini dapat membuat laporan keuangan otomatis dalam bentuk chart dan juga menampilkan transaksi keuangan dalam tampilan kalender.

9. Finansialku

Finansialku (Sumber: Google Play)
Finansialku (Sumber: Google Play)

Finansialku merupakan aplikasi pengatur keuangan yang dilengkapi dengan beragam fitur yang dapat memudahkan untuk mengatur keuangan pribadi. Fitur-fitur yang ada di aplikasi Finansialku antara lain pencatatan pengeluaran, perencanaan keuangan, konsultasi pribadi seputar keuangan, hingga belajar serba-serbi tentang finansial dan keuangan. Saat mencatat transaksi, aplikasi Finansialku dilengkapi dengan fitur foto serta lokasi yang dapat ditambahkan.

10. UangKu

Sebagai aplikasi pengatur keuangan, UangKu menawarkan kemudahan dan kepraktisan bagi para pengguna aplikasinya terutama bagi mereka yang masih awam dengan pengelolaan keuangan. Dengan menggunakan UangKu, Anda bisa mencatat pengeluaran sampai membuat target tabungan yang harus dicapai. Anda juga bisa mendapatkan saran perihal seberapa besar uang yang harus dikeluarkan tiap harinya untuk mencapai target keuangan tertentu.

11. Fast Budget

Fast Budget (Sumber: Google Play Store)
Fast Budget (Sumber: Google Play Store)

Apabila menginginkan aplikasi pengatur keuangan dengan tampilan sederhana namun lebih berwarna, Fast Budget dapat dijadikan opsi untuk digunakan. Dengan mengedepankan tampilan yang berwarna, efek animasi, dan pilihan icon yang menarik untuk kategori pengeluaran tertentu, membuat aplikasi ini cocok bagi Anda yang ingin melihat laporan keuangan pribadi dengan tampilan yang lebih menarik.

12. Level Money

Butuh aplikasi pengatur keuangan untuk iOS yang dapat terhubung ke rekening bank? Aplikasi Level Money bisa dijadikan salah satu opsinya. Selain kemampuan sinkronisasi, aplikasi ini juga dapat membantu Anda mengatur masuk keluarnya aliran uang baik pada rekening bank maupun pada kartu kredit. Dengan hadirnya fitur tersebut, Anda jadi tidak perlu khawatir lagi untuk kecolongan karena aplikasi ini akan menjadi reminder berapa uang yang telah digunakan.

13. QuickBooks

QuickBooks merupakan aplikasi pengatur keuangan yang diperuntukkan untuk para pemilik bisnis skala kecil. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengatur anggaran serta melacak pengeluaran yang dilakukan dengan efektif. Aplikasi QuickBooks juga memungkinkan fitur sinkronisasi dengan semua rekening bank serta kartu kredit yang dimiliki guna pencatatan transaksi keuangan yang lebih mudah.

14. Monefy

Monefy adalah aplikasi pengatur keuangan yang memiliki desain visual aplikasi yang bagus namun tetap mudah digunakan. Apabila ingin mengatur serta menganalisis keuangan pribadi dengan bentuk visual yang mencolok, Monefy adalah aplikasi yang dapat diandalkan untuk urusan tersebut. Monefy juga dilengkapi dengan widget yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan secara langsung dari home screen tanpa harus membuka aplikasi.

15. Andromoney

Andromoney adalah aplikasi pengatur keuangan pribadi bertampilan minimalis yang mudah digunakan bagi para pengguna yang baru mencoba mengatur keuangan mereka. Secara fitur, AndroMoney dapat dikatakan menyajikan fitur yang lengkap sebagai aplikasi pengatur keuangan. Beberapa fitur yang ada pada aplikasi lain, tersedia juga pada Andromoney ini.

Baca juga: Berminat Investasi Saham? Kenali Tujuan dan Keuntungannya

Berikut tadi merupakan artikel yang berisi rekomendasi aplikasi pengatur keuangan terbaik dengan berbagai macam fitur unggulan yang dapat Anda percayakan untuk membantu mengatur keuangan Anda. Aplikasi mana yang sekiranya akan cocok dengan kebutuhan finansialmu?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 15 Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Mobile Terbaik

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Net working capital adalah salah satu aspek krusial dalam suatu perusahaan, sehingga tidak boleh diabaikan. Pasalnya, net working capital ini merupakan indikator likuiditas perusahaan dalam kemampuan membayar hutang jangka pendek. Dalam perhitungannya, net working capital atau disebut juga dengan modal kerja bersih melibatkan beberapa komponen, seperti aset lancar dan kewajiban lancar. Yuk, pahami lebih lanjut […]
    Menjadi seorang investor harus cermat dalam mempertimbangkan potensi yang didapatkan dari penanaman modal pada suatu emiten. Salah satu cara efektif guna mengetahui kelayakannya adalah dengan menggunakan metode penilaian investasi.  Dengan metode penilaian investasi yang efektif, para investor dapat mengenali potensi produk sebelum memutuskan untuk menanamkan modal untuk meminimalkan kerugian dan memaksimalkan profit atau keuntungan. Nah, […]

    Trending

    Salah satu cara mengukur potensi keuntungan suatu perusahaan adalah menggunakan rasio Basic Earning Power (BEP). Pengukuran ini mempresentasikan kemampuan sebuah bisnis dalam menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Rumus ini bisa digunakan apabila prakiraan kondisi operasional perusahaan adalah stabil.  Semakin tinggi BEP yang dihasilkan, maka semakin besar efektivitas perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dari aset.Untuk lebih jelasnya, […]
    Yuk, mari mengenal apa itu PAB (Pajak Alat Berat).  Dalam dunia perpajakan, setiap alat atau properti yang digunakan untuk mempermudah kegiatan proyek. Alat-alat tersebut seperti traktor,crane, maupun bulldozer yang di mana merupakan objek yang dikenai pajak.   Terlepas dari fungsi alat berat di atas, tak jarang orang-orang tidak mengetahui apabila kendaraan besar dikenai pajak. Perpajakan alat […]
    Sejarah asuransi di Indonesia mulai diperkenalkan pada zaman kolonial Belanda. Pada zaman kolonial tersebut, banyak perubahan yang terjadi pada tatanan masyarakat. Mulai dari segi ekonomi, sosial, budaya, hingga pendidikan. Salah satu perubahan yang signifikan adalah ekonomi.  Kata “asuransi” berasal dari bahasa Belanda yaitu verzekering yang mempunyai arti pertanggungan. Pada saat itu, tepatnya masa kolonial Belanda, […]
    Late charge adalah salah satu risiko yang harus tertanggung oleh pemegang kartu kredit. Denda ini dapat menjadi beban finansial yang cukup besar, terutama jika tagihan kartu kreditnya dalam jumlah yang besar. Kartu kredit merupakan alat pembayaran non-tunai yang merupakan salah satu produk bank. Kartu kredit memungkinkan pemegang kartu untuk melakukan transaksi pembelian barang atau jasa, […]