1. Investasi

Apa Itu Pialang Saham? Inilah Definisi dan Cara Kerjanya

Pialang saham merupakan profesi yang berkaitan sangat erat dengan aktivitas investasi. Banyak orang yang ingin berkarir menjadi pialang saham dikarenakan berbagai macam hal. Bila ingin menjadi pialang saham, terdapat banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Tapi, apa itu pialang saham? Berikut ini merupakan penjelasan selengkapnya mengenai apa itu pialang saham dan penjelasan profesinya secara mendalam.

Key Takeaways

  1. Pialang saham adalah suatu individu atau firma yang menyediakan jasa untuk melakukan transaksi pada pasar modal atas nama investor
  2. Pihak pialang saham akan bekerja untuk menjalankan instruksi dari investor dalam melakukan transaksi jual beli saham di pasar modal. Pihak pialang menjadi pihak penghubung sekaligus pengeksekusi dari segala keputusan transaksi yang dikehendaki oleh investor.
  3. Volume dan harga saham yang ingin ditransaksikan hanya dapat ditentukan oleh pihak investor sesuai dengan ketersediaan dana mereka.

Apa Itu Pialang Saham?

Bagi orang-orang yang baru terjun ke dunia investasi, mungkin akan bertanya apa itu pialang saham beserta cara kerja dan fungsinya. Mengetahui apa itu pialang saham menjadi penting karena perannya yang sangat vital dalam kegiatan transaksi di pasar modal. Namun sebenarnya, apa itu pialang saham? 

Pialang saham adalah suatu individu atau firma yang menyediakan jasa untuk melakukan transaksi pada pasar modal atas nama investor. Untuk mempermudah dalam memahami apa itu pialang saham, kita akan memisalkan pihak pialang sebagai jembatan. Jembatan tersebut akan menjadi penghubung antara investor dengan para emiten yang menjual saham di pasar modal. 

Sebagai gambaran, investor tidak akan bisa membeli saham langsung dari sebuah perusahaan yang mengeluarkan saham. Pihak investor juga tidak dapat membelinya secara langsung di pasar modal. Maka dari itu, melalui perantara pihak pialang inilah investor dapat melakukan jual beli saham di pasar modal.

Peran dari Pialang Saham

Berdasarkan pembahasan mengenai apa itu pialang saham, kita telah mengetahui bahwasanya pialang saham berperan sebagai perantara antara investor dengan emiten. Namun, pialang saham memiliki beberapa peran lain yang tidak kalah penting. Peran-peran tersebut diantaranya:

  • Melakukan eksekusi untuk melakukan transaksi jual beli saham dan juga aset milik investor lainnya seperti obligasi, reksadana, dan juga saham luar negeri.
  • Menyediakan analisis perihal kondisi bursa efek serta saham apa yang performanya sedang baik atau buruk, risiko dan potensi imbal hasil yang bisa didapatkan, serta edukasi perihal pasar modal dan aplikasi trading.
  • Menyediakan fasilitas pinjaman margin bagi para investor dan trader yang telah berpengalaman,
  • Menyimpan serta mengamankan seluruh data transaksi dan data lainnya dari rekening investor, seperti jumlah penarikan dana dan pajak.
  • Menjadi salah satu sumber informasi dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh investor seputar bursa efek dan saham.

Bagaimana Cara Kerja Pialang Saham?

Sesudah mempelajari apa itu pialang saham beserta fungsinya secara umum, mungkin sebagian dari Anda akan bertanya-tanya tentang bagaimana cara kerja dari pialang saham. Pihak pialang saham akan bekerja untuk menjalankan instruksi dari investor dalam melakukan transaksi jual beli saham di pasar modal. Pihak pialang menjadi pihak penghubung sekaligus pengeksekusi dari segala keputusan transaksi yang dikehendaki oleh investor.

Volume dan harga saham yang ingin ditransaksikan hanya dapat ditentukan oleh pihak investor sesuai dengan ketersediaan dana mereka. Pihak pialang hanya berwenang untuk mengeksekusi perintah transaksi tersebut dan tidak memiliki kewenangan untuk menentukan besaran jumlah dan volume dari transaksi saham.

Setiap investor melakukan transaksi jual beli melalui pialang, pihak pialang akan mendapatkan komisi dari setiap transaksi tersebut. Selain itu juga, pihak pialang saham individu yang bekerja pada firma sekuritas juga akan mendapatkan penghasilan pokok dari firma tempatnya bekerja.

Kelebihan dan Risiko Pialang Saham

Setelah mengetahui apa itu pialang saham, mungkin beberapa dari Anda sudah memiliki keinginan untuk menjadi salah satunya. Namun seperti layaknya semua profesi, pialang saham memiliki kelebihan dan juga risiko yang menyertainya. Berikut merupakan kelebihan dan risiko dari profesi pialang saham.

KelebihanRisiko
Pialang saham dapat menjadi salah satu opsi karir terbaik bagi orang-orang yang memiliki pengetahuan mendalam di bidang pasar modal dan investasi.Profesi pialang saham menawarkan potensi untuk mendapatkan pendapatan yang tinggi.Profesi ini cocok untuk orang ambisius yang dilengkapi dengan kemampuan tinggi untuk berjualan.Profesi ini mengharuskan Anda untuk bisa menangani penolakan dan stres secara terus menerus.Lingkungan kerja yang sangat kompetitif antara pialang satu dengan pialang yang lain.Ada kemungkinan untuk bekerja dengan jam kerja yang sangat panjang dan berlebihan.Ada kemungkinan untuk mengalami kesulitan dalam membangun basis klien dikarenakan naiknya pamor dari online trading.

Cara Menjadi Pialang Saham

Bagaimana cara menjadi pialang saham? Setelah mengetahui apa itu pialang saham, cara kerjanya, serta kelebihan dan risikonya, mungkin sebagian dari Anda sudah memantapkan diri untuk mencoba karir menjadi salah satu pialang saham di Indonesia. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang Anda harus lewati untuk menjadi pialang saham.

1. Belajar mengenai dunia pasar modal

Sudah sepantasnya bagi orang yang ingin berkarir di suatu bidang untuk mempelajari dasar keilmuannya terlebih dahulu. Pasalnya, aktivitas pialang akan selalu dekat dengan transaksi pada pasar modal. Dengan memahami hal tersebut, Anda perlu mendalami dunia pasar modal dan saham secara menyeluruh dan mendalam. Pembelajaran tersebut bisa didapatkan dari berbagai macam sumber seperti mengikuti perkuliahan, pelatihan online, seminar, dsb.

2. Mengikuti ujian sertifikasi kompetensi pialang saham

Agar dapat dipercaya oleh investor, Anda membutuhkan bukti legalitas resmi sebagai pialang saham. Pialang saham yang resmi wajib memiliki sertifikat Wakil Perantara Perdagangan Efek (WPPE). Untuk mendapatkan bukti legalitas resmi, Anda memerlukan lisensi dari TICMI (The Indonesia Capital Market Institute). Lisensi tersebut bisa didapatkan dengan melalui ujian sertifikasi untuk menguji kompetensi keilmuan dari para calon pialang saham. 

Di negara Indonesia sendiri, ujian sertifikasi pialang umumnya diadakan sebanyak tiga kali dalam setahun. Ujian kompetensi tersebut diselenggarakan oleh lembaga resmi yang telah diakui oleh pemerintah. Untuk mendapatkan legalitas sebagai pialang, Anda diharuskan untuk mengerjakan soal ujian yang terdiri dari 100 soal dengan topik seputar aktivitas pasar modal. Agar lulus menjadi WPPE, Anda harus lulus ujian dengan nilai di atas 65.

3. Melatih kemampuan berkomunikasi dan bernegosiasi

Seorang pialang dituntut untuk memiliki kemampuan berkomunikasi serta bernegosiasi yang baik. Kedua kemampuan tersebut dibutuhkan untuk membantu Anda dalam berdiskusi dengan investor. Selain itu juga, apabila kemampuan komunikasi Anda baik maka perusahaan sekuritas tempat Anda bekerja akan memiliki reputasi yang juga baik dan bisa dipercaya.

Kemampuan tersebut menjadi sangat penting demi membangun tingkat kepercayaan investor kepada Anda sebagai pialang saham. Dalam situasi tertentu, Anda sebagai pialang dituntut harus bisa menyajikan analisis tentang produk saham kepada investor. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, Anda dapat membantu meyakinkan klien dalam memilih keputusan apa yang harus mereka ambil.

4. Bekerja pada perusahaan sekuritas berizin resmi

Setelah mendapatkan lisensi resmi dan menajamkan kemampuan dalam berkomunikasi, Anda bisa melamar untuk menjadi pialang ke perusahaan sekuritas. Namun, pastikan Anda melamar pada perusahaan sekuritas yang telah resmi terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan sekuritas akan memiliki kecenderungan untuk lebih mempertimbangkan pialang yang lebih kompeten. Maka dari itu penting untuk mempersiapkan diri sebelum melamar.

5 Perusahaan Broker Saham Terbaik di Indonesia

Setelah membahas tentang apa itu pialang saham dan informasi lainnya mengenai profesi tersebut, Inklusi Uang akan mencoba memberikan rekomendasi 5 broker saham terbaik di Indonesia. Berikut adalah daftar 5 broker saham terbaik di Indonesia yang telah resmi terdaftar di BEI.

1. BCA Sekuritas

BCA Sekuritas (SQ)  yang berada di bawah BCA Group merupakan salah satu perusahaan broker saham terbaik yang ada di Indonesia. Dengan total nilai transaksi sebesar Rp 16,69 miliar pada tahun 2021, perusahaan sekuritas ini menjadi salah satu yang terbaik di bidangnya. BCA Sekuritas sendiri dapat membantu Anda dalam mengelola saham dan juga memberikan nasihat keuangan yang bermanfaat bagi investor.

2. Mirae Asset Sekuritas

Berdiri sejak tahun 1994, Mirae Asset Sekuritas (YP) merupakan salah satu perusahaan broker saham terbaik yang ada di Indonesia. Pada tahun 2021, total seluruh nilai transaksi yang dilakukan oleh perusahaan sekuritas ini adalah senilai Rp 53,76 miliar. Perusahaan yang satu ini memiliki kelebihan dengan tidak mengenakan biaya administrasi kepada investor.

3. Mandiri Sekuritas

Mandiri Sekuritas (CC) merupakan salah perusahaan broker yang ada di Indonesia. Perusahaan sekuritas ini pernah memecahkan rekor total transaksi saham terbesar, yaitu sebesar Rp 205 triliun. Perusahaan ini juga pernah mendapatkan penghargaan di tahun 2018 pada kategori Finance Asia Country Awards for Achievement.

Sekuritas ini akan mengenakan biaya transaksi setiap pembelian saham sebesar 0,18% dan penjualan saham sebesar 0,28%. Perusahaan sekuritas yang satu ini cocok bagi para investor pemula karena sering mengadakan kelas investasi gratis untuk mengedukasi investor.

4. PT Ajaib Sekuritas

PT Ajaib Sekuritas merupakan salah satu broker saham terbaik yang telah banyak mendapatkan berbagai penghargaan. Perusahaan sekuritas ini juga menyediakan sekuritas reksadana disamping menjadi broker saham. Perusahaan sekuritas ini terkenal dengan kelebihannya pada aplikasi yang ramah pemula serta biaya transaksinya yang semakin kecil apabila modal yang diinvestasikannya semakin besar.

5. Indo Premier Sekuritas

Indo Premier Sekuritas (PD) merupakan salah satu perusahaan sekuritas terbaik yang sudah memiliki aplikasi berbasis artificial intelligence (AI) bernama Indo Premier Online Trading (IPOT). Berdiri sejak tahun 1996, sekuritas ini cukup dikenal dengan biaya pendaftaraan yang lumayan terjangkau yaitu Rp 100 ribu saja. Selain itu, perusahaan sekuritas ini sukses membukukan total nilai transaksi sebesar Rp 27,76 miliar pada tahun 2021.

Baca juga: Cryptocurrency Indonesia: Cara Kerja, Fakta, dan Jenisnya

Berikut tadi merupakan artikel mengenai apa itu pialang saham. Semoga informasi yang tersaji perihal apa itu pialang saham beserta informasi mendalam lainnya perihal profesi ini, dapat Anda jadikan referensi untuk mengetahui serba-serbi tentang pialang saham. Untuk artikel bermanfaat lainnya tentang investasi, Anda bisa membaca artikel bermanfaat lainnya dari Inklusi Uang

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Apa Itu Pialang Saham? Inilah Definisi dan Cara Kerjanya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Net working capital adalah salah satu aspek krusial dalam suatu perusahaan, sehingga tidak boleh diabaikan. Pasalnya, net working capital ini merupakan indikator likuiditas perusahaan dalam kemampuan membayar hutang jangka pendek. Dalam perhitungannya, net working capital atau disebut juga dengan modal kerja bersih melibatkan beberapa komponen, seperti aset lancar dan kewajiban lancar. Yuk, pahami lebih lanjut […]
    Menjadi seorang investor harus cermat dalam mempertimbangkan potensi yang didapatkan dari penanaman modal pada suatu emiten. Salah satu cara efektif guna mengetahui kelayakannya adalah dengan menggunakan metode penilaian investasi.  Dengan metode penilaian investasi yang efektif, para investor dapat mengenali potensi produk sebelum memutuskan untuk menanamkan modal untuk meminimalkan kerugian dan memaksimalkan profit atau keuntungan. Nah, […]

    Trending

    Salah satu cara mengukur potensi keuntungan suatu perusahaan adalah menggunakan rasio Basic Earning Power (BEP). Pengukuran ini mempresentasikan kemampuan sebuah bisnis dalam menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Rumus ini bisa digunakan apabila prakiraan kondisi operasional perusahaan adalah stabil.  Semakin tinggi BEP yang dihasilkan, maka semakin besar efektivitas perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dari aset.Untuk lebih jelasnya, […]
    Yuk, mari mengenal apa itu PAB (Pajak Alat Berat).  Dalam dunia perpajakan, setiap alat atau properti yang digunakan untuk mempermudah kegiatan proyek. Alat-alat tersebut seperti traktor,crane, maupun bulldozer yang di mana merupakan objek yang dikenai pajak.   Terlepas dari fungsi alat berat di atas, tak jarang orang-orang tidak mengetahui apabila kendaraan besar dikenai pajak. Perpajakan alat […]
    Sejarah asuransi di Indonesia mulai diperkenalkan pada zaman kolonial Belanda. Pada zaman kolonial tersebut, banyak perubahan yang terjadi pada tatanan masyarakat. Mulai dari segi ekonomi, sosial, budaya, hingga pendidikan. Salah satu perubahan yang signifikan adalah ekonomi.  Kata “asuransi” berasal dari bahasa Belanda yaitu verzekering yang mempunyai arti pertanggungan. Pada saat itu, tepatnya masa kolonial Belanda, […]
    Late charge adalah salah satu risiko yang harus tertanggung oleh pemegang kartu kredit. Denda ini dapat menjadi beban finansial yang cukup besar, terutama jika tagihan kartu kreditnya dalam jumlah yang besar. Kartu kredit merupakan alat pembayaran non-tunai yang merupakan salah satu produk bank. Kartu kredit memungkinkan pemegang kartu untuk melakukan transaksi pembelian barang atau jasa, […]