1. Ekonomi Bisnis

Mengenal Apa Itu Annual Report dan Fungsi Utamanya

Dalam menjalankan usaha, setiap perusahaan pastinya perlu membuat berbagai macam laporan untuk mengevaluasi bisnis yang telah berjalan, seperti annual report. Annual report adalah salah satu dokumen penting yang harus dibuat oleh suatu perusahaan. Secara umum, laporan tahunan ini akan mencakup seluruh informasi mengenai operasional bisnis dalam kurun waktu satu tahun.

Untuk mengetahui apa itu annual report perusahaan, Anda dapat menyimak pembahasan yang akan Inklusi Uang berikan pada kesempatan kali ini. Informasi yang akan Inklusi Uang bahas mengenai annual report diantaranya yaitu pengertian, fungsi, isi, hingga pihak-pihak yang menggunakan annual report untuk keperluannya. Anda bisa menyimak informasi annual report selengkapnya melalui penjelasan di bawah ini.

  • Annual report adalah dokumen yang penting untuk dibuat oleh perusahaan, terutama perusahaan publik (Initial Public Offering atau IPO), karena pemegang saham atau investornya berasal dari masyarakat dan memiliki hak untuk mengetahui kondisi perusahaan terkait.
  • fungsi dari dibuatnya annual report adalah untuk memberikan informasi kepada pelanggan, pemegang saham, pihak manajemen perusahaan, maupun calon investor mengenai kinerja perusahaan dalam hal operasional dan finansial dalam kurun waktu satu tahun terakhir. 
  • Laporan tahunan atau annual report adalah laporan yang biasanya ditampilkan secara visual, diisi dengan banyak gambar atau grafik.

Apa Itu Annual Report?

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan annual report? Annual report artinya secara harfiah dalam Bahasa Indonesia yaitu laporan tahunan. Berdasarkan maknanya, annual report adalah laporan secara menyeluruh dan terperinci mengenai aktivitas perusahaan selama kurang lebih satu tahun terakhir.

Annual report adalah dokumen yang penting untuk dibuat oleh perusahaan, terutama perusahaan publik (Initial Public Offering atau IPO), karena pemegang saham atau investornya berasal dari masyarakat dan memiliki hak untuk mengetahui kondisi perusahaan terkait.

Fungsi Annual Report

Secara garis besar, fungsi dari dibuatnya annual report adalah untuk memberikan informasi kepada pelanggan, pemegang saham, pihak manajemen perusahaan, maupun calon investor mengenai kinerja perusahaan dalam hal operasional dan finansial dalam kurun waktu satu tahun terakhir. 

Dengan kata lain, annual report berfungsi untuk mengevaluasi perusahaan selama satu tahun berjalan tersebut. Laporan tahunan perusahaan ini juga digunakan oleh calon investor untuk menilai tingkat efektivitas investasi atau penanaman modal investor pada suatu perusahaan.

Selain untuk pihak eksternal yang secara tidak langsung terkait dengan perusahaan, annual report juga dapat digunakan untuk media pemasaran kepada khalayak umum atau pasar dengan menunjukkan bahwa perusahaan dalam kondisi yang baik dan memiliki citra bagus.

Perbedaan Annual Report dan Financial Report

Walaupun sama sama laporan yang berisi kondisi dari suatu perusahaan, financial report dan annual report adalah dua tipe laporan yang berbeda. 

Financial report merupakan laporan yang menjelaskan kondisi keuangan dan arus kas dari suatu perusahaan saja. Sedangkan, annual report memberikan informasi spesifik dari kondisi perusahaan secara keseluruhan, termasuk laporan keuangan dan capaian perusahaan.

Dari segi tampilan, annual report akan menyuguhkan informasi dengan grafik, ilustrasi, diagram, ataupun foto. Di sisi lain, financial report umumnya akan menampilkan informasi dalam bentuk tabel. 

Isi dari Annual Report

Laporan tahunan atau annual report adalah laporan yang biasanya ditampilkan secara visual, diisi dengan banyak gambar atau grafik. Sebagai laporan resmi, annual report mencakup beberapa informasi mengenai perusahaan agar investor ataupun pihak yang terkait dapat memahami kinerja dari perusahaan tersebut. Adapun informasi yang dimuat dalam annual report adalah sebagai berikut.

Kata Pengantar dari CEO

Kata pengantar dari CEO ini menjadi hal yang umum untuk Anda temui pada annual report. Pada bagian ini, CEO akan lebih menyoroti capaian dan kinerja perusahaannya.

Capaian dan Performa Perusahaan selama 1 tahun Terakhir

Capaian utama dari perusahaan pada annual report adalah hal yang sangat penting untuk dimuat. Capaian dan performa perusahaan tersebut diantaranya yaitu tujuan perusahaan yang telah tercapai, program perusahaan yang bermanfaat bagi masyarakat, hingga penghargaan yang didapatkan oleh perusahaan tersebut.

Laporan Keuangan

Laporan keuangan dalam annual report adalah informasi paling penting berupa data-data kuantitatif mengenai kinerja keuangan perusahaan dalam satu tahun terakhir. Laporan keuangan ini terdiri dari beberapa poin, seperti neraca keuangan, laba rugi, hingga laporan arus kas.

Outlook Perusahaan Periode Selanjutnya

Laporan tahunan umumnya akan mencakup informasi mengenai outlook, rencana, strategi, serta harapan yang ingin dicapai untuk meningkatkan performa perusahaan di tahun atau periode selanjutnya. Dengan demikian, investor akan mendapatkan informasi mengenai posisi perusahaan pada industri dan pasar.

Siapa Saja yang Menggunakan Annual Report?

Annual report dapat diakses oleh publik. Biasanya, laporan ini digunakan oleh pihak internal maupun eksternal, seperti pelanggan, karyawan, tim manajemen, pemegang saham, hingga calon investor.

Pemegang Saham dan Calon Investor

Pemegang saham dan calon investor menggunakan laporan tahunan untuk mendapatkan informasi dan mengetahui posisi dari perusahaan terkait pada pasar. Bagi calon investor, hal ini digunakan untuk mengambil keputusan apakah perusahaan layak untuk dijadikan sebagai tempat menanamkan modal.

Karyawan Perusahaan

Karyawan perusahaan terkait menggunakan laporan tahunan agar dapat memahami kinerja dari divisi-divisi tertentu. Selain itu, karyawan juga menggunakan annual report untuk membantu meningkatkan performa perusahaan sesuai dengan bidangnya.

Pelanggan Perusahaan

Pelanggan perusahaan memanfaatkan annual report untuk mengetahui gambaran umum dari kondisi perusahaan. Hal tersebut bermaksud sebagai pertimbangan pelanggan dalam membangun hubungan dengan perusahaan tertentu.

Setelah penjelasan di atas, Anda dapat memahami bahwa annual report adalah salah satu dokumen penting dalam berbisnis agar dapat digunakan sesuai dengan keperluan oleh pihak tertentu. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memahami annual report sebagai salah satu atribut bisnis dengan baik. Semoga artikel dari Inklusi Uang kali ini dapat bermanfaat untuk Anda.

QA

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Apa Itu Annual Report dan Fungsi Utamanya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Net working capital adalah salah satu aspek krusial dalam suatu perusahaan, sehingga tidak boleh diabaikan. Pasalnya, net working capital ini merupakan indikator likuiditas perusahaan dalam kemampuan membayar hutang jangka pendek. Dalam perhitungannya, net working capital atau disebut juga dengan modal kerja bersih melibatkan beberapa komponen, seperti aset lancar dan kewajiban lancar. Yuk, pahami lebih lanjut […]
    Menjadi seorang investor harus cermat dalam mempertimbangkan potensi yang didapatkan dari penanaman modal pada suatu emiten. Salah satu cara efektif guna mengetahui kelayakannya adalah dengan menggunakan metode penilaian investasi.  Dengan metode penilaian investasi yang efektif, para investor dapat mengenali potensi produk sebelum memutuskan untuk menanamkan modal untuk meminimalkan kerugian dan memaksimalkan profit atau keuntungan. Nah, […]

    Trending

    Salah satu cara mengukur potensi keuntungan suatu perusahaan adalah menggunakan rasio Basic Earning Power (BEP). Pengukuran ini mempresentasikan kemampuan sebuah bisnis dalam menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Rumus ini bisa digunakan apabila prakiraan kondisi operasional perusahaan adalah stabil.  Semakin tinggi BEP yang dihasilkan, maka semakin besar efektivitas perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dari aset.Untuk lebih jelasnya, […]
    Yuk, mari mengenal apa itu PAB (Pajak Alat Berat).  Dalam dunia perpajakan, setiap alat atau properti yang digunakan untuk mempermudah kegiatan proyek. Alat-alat tersebut seperti traktor,crane, maupun bulldozer yang di mana merupakan objek yang dikenai pajak.   Terlepas dari fungsi alat berat di atas, tak jarang orang-orang tidak mengetahui apabila kendaraan besar dikenai pajak. Perpajakan alat […]
    Sejarah asuransi di Indonesia mulai diperkenalkan pada zaman kolonial Belanda. Pada zaman kolonial tersebut, banyak perubahan yang terjadi pada tatanan masyarakat. Mulai dari segi ekonomi, sosial, budaya, hingga pendidikan. Salah satu perubahan yang signifikan adalah ekonomi.  Kata “asuransi” berasal dari bahasa Belanda yaitu verzekering yang mempunyai arti pertanggungan. Pada saat itu, tepatnya masa kolonial Belanda, […]
    Late charge adalah salah satu risiko yang harus tertanggung oleh pemegang kartu kredit. Denda ini dapat menjadi beban finansial yang cukup besar, terutama jika tagihan kartu kreditnya dalam jumlah yang besar. Kartu kredit merupakan alat pembayaran non-tunai yang merupakan salah satu produk bank. Kartu kredit memungkinkan pemegang kartu untuk melakukan transaksi pembelian barang atau jasa, […]