1. Investasi

Apa Itu Agio? Kenali Jenis, Keuntungan, dan Cara Kerjanya

Apabila ingin memasuki dunia investasi dan finansial, Anda harus mengetahui berbagai macam istilah profesional yang digunakan. Agio adalah salah satu istilah yang berhubungan dengan kegiatan penanaman modal tersebut. Lantas, apa yang dimaksud dengan agio saham?

Inklusi Uang di kesempatan kali ini akan mengulas informasi mengenai apa itu agio saham secara keseluruhan. Adapun informasi mengenai agio yang akan dimuat dalam artikel ini diantaranya yaitu pengertian agio saham, cara kerja, jenis, keuntungan, hingga ilustrasi dari dari agio saham. Simak informasi agio selengkapnya pada penjelasan di bawah ini.

Key Takeaways

  1. Agio adalah selisih nilai dari harga jual saham dengan nilai nominal saham itu sendiri. Nilai agio adalah total kekayaan bersih suatu badan usaha yang didapatkan dari hasil penjualan saham di atas nilai nominalnya.
  2. Saham agio adalah cara ideal yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk menghasilkan kas tanpa harus memberikan jaminan tertentu sebagai imbalan. Ketika investor membeli saham suatu perusahaan di atas nilai nominal yang telah ditentukan, kelebihan nilai tersebut akan menjadi kekayaan bersih yang didapatkan oleh perusahaan.
  3. Saham agio terdiri dari dua jenis, yaitu agio treasury dan agio biasa.

Apa Itu Agio Saham?

Sebenarnya, apa itu agio saham? Agio adalah selisih nilai dari harga jual saham dengan nilai nominal saham itu sendiri. Nilai agio adalah total kekayaan bersih suatu badan usaha yang didapatkan dari hasil penjualan saham di atas nilai nominalnya. Dengan kata lain, pengertian agio saham yaitu selisih setoran saham dari pemegang sahamnya terhadap nilai para.

Selain pada saham, agio juga berlaku pada obligasi serta pertukaran mata uang. Istilah agio ini sering digunakan pada pasar internasional untuk transaksi obligasi dan mata uang antarnegara yang dipertukarkan. Agio bisa mengacu pada premi atau persentase yang dibayarkan melalui obligasi. 

Umumnya, agio saham terjadi ketika investor melakukan pembelian terhadap saham yang baru diterbitkan oleh emiten dalam tahap penawaran umum perdana (IPO).

Bagaimana Agio Saham Bekerja?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, nilai agio adalah nilai dari harga jual surat berharga dengan nilai nominal efek itu sendiri. Maka dari itu, agio akan didapatkan ketika nilai saham di pasarnya lebih tinggi daripada nilai nominalnya.

Saham agio adalah cara ideal yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk menghasilkan kas tanpa harus memberikan jaminan tertentu sebagai imbalan. Ketika investor membeli saham suatu perusahaan di atas nilai nominal yang telah ditentukan, kelebihan nilai tersebut akan menjadi kekayaan bersih yang didapatkan oleh perusahaan. 

Jenis-Jenis Agio Saham

Saham agio terdiri dari dua jenis, yaitu agio treasury dan agio biasa. Penjelasan selengkapnya mengenai jenis saham agio adalah sebagai berikut.

1. Agio Treasury

Agio treasury merupakan jenis agio yang didapatkan ketika perusahaan atau emiten menarik kembali sahamnya yang telah beredar dan dijual di pasar. Nantinya, saham yang ditarik kembali dari peredaran pasar tersebut disebut dengan buyback stock

Buyback stock ini bisa dijual kembali oleh emiten. Apabila harga jual buyback stock lebih tinggi daripada nilai nominalnya, maka agio treasury akan didapatkan oleh perusahaan terkait.

2. Agio Biasa

Jenis agio biasa ini merupakan agio yang umum didapatkan oleh perusahaan ketika melakukan penawaran umum atau initial public offering (IPO). agio biasa merupakan kekayaan bersih dari suatu perusahaan yang berasal dari penjualan saham di atas nilai pari atau par (paid in surplus).

Keuntungan Agio Saham bagi Perusahaan

Agio saham memiliki keuntungan yang bermanfaat bagi perusahaan. Adapun keuntungan dari saham agio adalah sebagai berikut.

1. Perusahaan tidak perlu menaikkan fixed cost atau biaya tetap perusahaan

2. Perusahaan tidak perlu melakukan pembayaran apapun terhadap investor, seperti dividen dan lain sebagainya

3. Aset perusahaan ini tidak dapat diklaim oleh investor

4. Kekayaan bersih dari agio saham dapat dijadikan sebagai kas cadangan apabila perusahaan mengalami kerugian operasional atau keadaan tertentu

5. Dana yang didapatkan dari agio saham bisa digunakan oleh perusahaan secara bebas untuk keperluan usaha, seperti melunasi utang atau liabilitas, membeli aset baru, meningkatkan alat operasional, dan lain sebagainya

Perbedaan Agio dengan Capital Gain

Bagi orang awam, agio saham dan capital gain mungkin akan dianggap sama. Nyatanya, kedua hal tersebut berbeda satu sama lainnya.

Agio adalah kekayaan bersih yang didapatkan dari selisih penjualan dengan nilai nominal saham. Nilai nominal saham ini ditetapkan oleh emiten sebelum dicatat pada bursa efek. Sehingga, agio akan masuk ke kas emiten sebagai kekayaan bersih perusahaan.

Sedangkan, capital gain adalah selisih antara harga jual dan harga beli saham pada pasar sekunder. Maka dari itu, capital gain biasanya hanya akan didapatkan oleh investor atau pemegang saham terkait.

Ilustrasi Nilai Agio Saham

Agar Anda dapat memahami agio dengan baik, berikut Inklusi Uang berikan ilustrasi mengenai agio lebih lanjut.

PT Kilauan Perkasa merupakan perusahaan yang baru saja dibuka. Para pendiri perusahaan tersebut menyepakati nilai nominal saham perusahaannya adalah sebesar Rp4.500 per lembarnya.

Setelah berjalan beberapa tahun, PT Kilauan Perkasa Terbuka melakukan penawaran umum perdana atau Initial Public Offering (IPO) pada bursa efek Indonesia sebanyak 1 juta lembar saham. Perusahaan tersebut berencana menjual satu lembar sahamnya kepada publik sebesar Rp6.000 per lembar.

Untuk mengetahui berapa nilai agio sahamnya, Anda dapat melakukan perhitungan dengan rumus tertentu. Maka dari itu, perhitungan agio saham PT Kilauan Perkasa Terbuka adalah sebagai berikut.

Agio Saham = Nilai Jual Saham – Nilai Nominal Saham

Agio Saham = Rp6.000 – Rp4.500

Agio Saham = Rp1.500

Dengan demikian, agio saham dari PT Kilauan Perkasa Terbuka adalah sebesar Rp1.500 per lembarnya atau total keseluruhan agio adalah Rp1,5 miliar.

Baca juga: Berminat Investasi Saham? Kenali Tujuan dan Keuntungannya

Demikian ulasan mengenai agio saham yang dapat Inklusi Jelaskan pada kesempatan kali ini. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, agio adalah selisih antara nilai jual saham dengan nilai nominal saham. Agio saham harus dipahami oleh Anda yang ingin melakukan investasi pada surat berharga. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai agio.

QA

Investopedia. “Agio

The Business Professor. “Agio – Explained

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Apa Itu Agio? Kenali Jenis, Keuntungan, dan Cara Kerjanya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Aset tidak berwujud adalah aset yang tidak memiliki wujud fisik tetapi masih dapat dilihat dan diidentifikasi. Meskipun tidak memiliki bentuk fisik, aset tak berwujud masih dapat menghasilkan pendapatan. Bagi sebuah perusahaan, aset tak berwujud pun bisa mendatangkan keuntungan dalam jangka panjang. Agar dapat memahami aset tidak berwujud lebih mendalam, mari simak informasi selengkapnya di bawah […]
    Net working capital adalah salah satu aspek krusial dalam suatu perusahaan, sehingga tidak boleh diabaikan. Pasalnya, net working capital ini merupakan indikator likuiditas perusahaan dalam kemampuan membayar hutang jangka pendek. Dalam perhitungannya, net working capital atau disebut juga dengan modal kerja bersih melibatkan beberapa komponen, seperti aset lancar dan kewajiban lancar. Yuk, pahami lebih lanjut […]

    Trending

    Influencer bukan hanya berasal dari bidang fashion, beauty, dan lifestyle saja. Namun, saat ini banyak bermunculan content creator atau influencer dibidang keuangan. Mereka kerap membuat konten yang rata-rata berupa edukasi soal financial.  Hadirnya, para influencer keuangan ini, juga menjadi salah satu cara mudah untuk mengedukasi soal keuangan kepada masyarakat. Penjelasan, lengkapnya tinggal scroll artikel ini […]
    Salah satu cara mengukur potensi keuntungan suatu perusahaan adalah menggunakan rasio Basic Earning Power (BEP). Pengukuran ini mempresentasikan kemampuan sebuah bisnis dalam menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Rumus ini bisa digunakan apabila prakiraan kondisi operasional perusahaan adalah stabil.  Semakin tinggi BEP yang dihasilkan, maka semakin besar efektivitas perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dari aset.Untuk lebih jelasnya, […]
    Yuk, mari mengenal apa itu PAB (Pajak Alat Berat).  Dalam dunia perpajakan, setiap alat atau properti yang digunakan untuk mempermudah kegiatan proyek. Alat-alat tersebut seperti traktor,crane, maupun bulldozer yang di mana merupakan objek yang dikenai pajak.   Terlepas dari fungsi alat berat di atas, tak jarang orang-orang tidak mengetahui apabila kendaraan besar dikenai pajak. Perpajakan alat […]
    Sejarah asuransi di Indonesia mulai diperkenalkan pada zaman kolonial Belanda. Pada zaman kolonial tersebut, banyak perubahan yang terjadi pada tatanan masyarakat. Mulai dari segi ekonomi, sosial, budaya, hingga pendidikan. Salah satu perubahan yang signifikan adalah ekonomi.  Kata “asuransi” berasal dari bahasa Belanda yaitu verzekering yang mempunyai arti pertanggungan. Pada saat itu, tepatnya masa kolonial Belanda, […]